Entry Mode
Dalam
dunia manajemen internasional banyak kesempatan yang akan kita peroleh untuk
semakin mengembangkan produk kita. Saat sebuah perusahaan ingin masuk ke sebuah
negara, ada beberapa cara yang dapat dipertimbangkan untuk masuk dan mendirikan
usaha disana yaitu,
1 1. Exporting
Istilah
exporting berasalah dari export atau kita menyebut dengan ekspor. Ekspor adalah
kegiatan menjual barang atau jasa yang telah dihasilkan oleh perusahaan untuk
di jual kepada pembeli di pasar negara lain.
Contoh : PT.
Growth Pacific, dengan produk utama yang di jual adalah frozen shrimp / udang
beku untuk dipasarkan ke pasar Asia, seperti Hongkong, dll.
2 2. Licensing
Dalam dunia awan
kita mengenal licensing / lisensi adalah kegiatan memberikan izin kepada pihak
penerima lisensi untuk menggunakan atau memasarkan produk yang telah
dilensiskan kepada pasar yang akan kita jangkau.
Contoh : PT.
Mattel Indonesia yang mempunyai lisensi untuk menjual dan memproduksi boneka
Barbie dan mainan Hot Wheels di Indonesia.
3 3. Franchising
Cara ini mungkin
yang paling sering atau banyak kita ketahui bagi orang awan untuk memulai
usaha. Franchising / waralaba sendiri adalah suatu sistem pendistribusian
barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merk dapat memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan
cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perusahaan pemilik merk.
Contoh : PT. Baba Rafi Indonesia dengan
produk waralaba Kebab Turki Baba Rafi yang telah tersebar luar hingga ke luar
Indonesia.
4 4. Joint
Venture
Sebuah cara yang
dikenal sebagai perusahaan patungan adalah sebuah kesepakatan yang telah
dibentuk dan disetujui oleh 2 pihak atau lebih untuk mengembang sumber daya
masing-masing demi mencapai tugas tertentu.
Contoh : PT.
ISTW adalah perusahaan gabungan antara Indonesia-Jepang yang memproduksi pipa
Galbani dengan kualitas SNI untuk proyek penting PDAM,PLN, dan masyarakat.
5 5. holly
Owned Subsidiary
Ini adalah
sebuah cara dimana 100% saham dimiliki oleh perusahaan lain atau biasa kita
sebut sebagai anak perusahaan dari induk perusahaan melalui proses akuisisi
atau spin off.
Contoh : Bugatti
Automobiles SAS adalah perusahaan yang dimiliki oleh Volkswagen Perancis
sebagai pemilik saham terbesar dengan induk perusahaan Volkswagen Group di
Jerman untuk memproduksi mobil dengan merk Buggati.
Demikian
adalah beberapa cara yang dapat dipertimbangkan untuk dapat mengembangkan
produk atau perusahaan ke pasar internasional.
No comments:
Post a Comment