Thursday, March 14, 2013

Characteristics of Managerial Decisions 


Bisa kita lihat bahwa kita sekarang tinggal dan hidup di era globalisasi. Dimana persaingan sangat ketat baik antar perusahaan di dalam negeri maupun dengan perusahaan luar negeri yang mendirikan perusahaannya di indonesia. Bila tidak ada persiapan yang matang maka perusahaan yang kita miliki tentunya tidak dapat bersaing di era globalisasi ini, karena itu diperlukan sebuah manajemen pengambilan keputusan yang baik dari suatu perusahaan. Disini kami akan membagikan sedikit pengetahuan bagi saudara akan beberapa karakteristik yang diperlukan dalam pengambilan keputusan. Setidaknya ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan dalam pengambilan suatu keputusan.

Pertama, dalam pengambilan sebuah keputusan kita harus memikirkan apakah keputusan yang akan kita pilih tersebut sudah direncanakan dengan seksama, sudah melalui berbagai percobaan atau penelitian yang mendalam dan apakah hasil dari keputusan tersebut sesuai dengan kondisi perusahaan juga apakah dapat mencapai tujuan perusahaan atau tidak.

Kedua, dalam dunia ini tentu saja ada hal yang pasti dan tidak pasti. Dimana apakah keputusan yang kita ambil sudah berdasarkan dari hal atau bukti yang pasti sehingga dapat mencapai hasil yang pasti juga. Akan tetapi bila keputusan yang akan kita ambil berdasarkan dari hal yang tidak pasti seperti kata orang dan tidak bisa dibuktikan maka hasil dari keputusan yang diambil juga bisa menjadi tidak pasti akan berhasil walaupun memang tetap ada kemungkinan untuk berhasil.

Ketiga, tentu saja dalam pengambilan keputusan selalu ada resiko yang harus diahadapi. disini kita harus dapat memilih resiko terkecil dalam pengambilan keputusan. Karena bila terjadi kesalahan dan menyebabkan konflik maka dapat menyebabkan kondisi perusahaan yang tidak mungkin untuk beroperasi secara optimal dikarenakan adanya konflik dari dalam maupun dari luar. Maka sebisa mungkin mengambil keputusan dengan resiko terkecil dan menjauhi akan konflik-konflik yang dapat terjadi di depan harinya.

Jadi dalam menjalankan sebuah usaha, apapun itu kita pasti diperhadapkan pada suatu masalah dan pada akhirnya kita harus memutuskan suatu keputusan untuk dapat menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Paling tidak kita harus melihat dari berbagai sisi dalam pengambilan keputusan. Semoga apa yang kamis bagikan hari ini dapat berguna baga anda para pembaca sekalian. Terima Kasih. - The A Team

5 comments:

  1. Nice post.. cukup membuka wawasan ^^
    Lanjutkan Gan !!

    ReplyDelete
  2. nice..
    tp yg terpenting dalam bisnis adalah kreatif, dengan begitu kita bisa mengambil celah" kesempatan yg ada...
    sedangkan mengenai resiko, memang seharusnya kita mengambil resiko, agar mendapat banyak pengalaman...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete