Monday, March 25, 2013

Strategic and Planning part 3


Planning and Strategic Management
                 
                    Setelah membahas mengenai middle management kini, saatnya kita masuk ke dalam part 3 yang akan membahas lebih dalam mengenai low management atau first line management dalam perencanaan dan strategi manajemen. First line management ini adalah orang yang akan bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain. Seorang supervisor,pengawas, pelatih, group leader, dll merupakan sedikit contoh dari pekerjaan yang masuk ke dalam kelompok first line management ini.
                Tugas dari first line management adalah mengimplementasikan apa yang sudah ditetapkan oleh atasan dalam hal ini oleh middle management dalam kegiatan sehari-hari sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk memenuhu target atau tujuan yang ditetapkan, first line membutuhkan beberapa data yang dapat mendukung kinerjanya seperti, utang konsumen yang terlambat untuk dibayarkan, pesanan konsumen yang belum dikirim, ketersediaan SDM untuk produksi, dll.
Informasi-informasi internal seperti diatas ini sangat dibutuhkan agar seorang first line dapat mengetahui dengan jelas seluk-beluk berbagai kegiatan dengan berbagai keterbatasan sehingga dapat mencari jalan keluar terbaik agar tetap dapat memenuhi tujuan yang ditentukan. Informasi ini pun dibutuhkan setiap hari atau bahkan setiap jam agar dapat memutuskan segala sesuatu dengan cepat yang berkaitan dengan kegiatan operasional sehingga dapat berjalan dengan lancar.
Selain informasi yang harus tersedia setiap saat, first line pun juga harus dapat selalu melakukan kegiatan pengawasan atau monitoring terhadap karyawan atau bawahannya. Seorang first line management harus mampu mengontrol semua kegiatan bawahan sehari-hari dan selalu up to date terhadap segala sesuatu yang terjadi untuk keperluan supervisi.
Bagi seorang first line management, data-data yang sudah terjadi di masa lalu lebih dibutukan untuk melihat seberapa banyak targer yang telah dipenuhi di tahun-tahun sebelumnya sehingga first line management dapat melakukan perencanaan ke depan dengan lebih matang dan dapat menganggulangi masalah yang terjadi di masa lalu agar tidak terus terulang dan menimbulkan kerugian. Namun, yang paling penting first line maupun middle tidak boleh bertindak melebihi dari rencana yang ditentukan oleh atasannya sehingga semua dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. -The A Team

Sumber: http://www.blogster.com/

No comments:

Post a Comment