Wednesday, March 20, 2013

Planning and Strategic Management

AIR ASIA PLANNING AND STRATEGIC MANAGEMENT

Kali ini kami akan membahas strategic planning management dari suatu maskapai penerbangan Indonesia yang bisa dibilang sukses dalam bidangnya. Sebelum kita membahas lebih lanjut mari kita saksikan cuplikan iklan berikut:


Belakangan ini maskapai penerbangan air asia sangat sukses dalam bisnis penerbangannya, dimana air asia dapat bertahan pada era globalisasi dan dapat menjadi saingan dari maskapai penerbangan lainnya yang ada di Indonesia seperti Garuda dan sebagainya. Sebelum kita membahas mengenai strategic planning dari air asia, kita harus mengetahui terlebih dahulu akan visi dan misi dari air asia itu sendiri, berikut adalah visi dan misi: 
Visi

Menjadi Maskapai penerbangan berbiaya hemat di asia dan melayani 3 juta juta orang yang sekarang dilayani dengan konektivitas kurang baik dan tarif yang mahal.

Misi
  • Menjadi perusahaan yang terbaik untuk bekerja, dimana para karyawan dianggap sebagai keluarga besar
  • Menciptakan brand asean yang diakui secara global
  • Mencapai tarif terhemat sehingga semua orang dapat terbang menggunakan air asia
  • Mempertahankan produk berkualitas tinggi, menggunakan teknologi untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas pelayanan
Strategi air asia yang terkenal dikalangan publik adalah air asia menggunakan sistem low cost strategy. Dimana dengan menggunakan cara-cara seperti operasional perusahaan dibuat secara efisien dan efektif sehingga dapat membuat harga serendah mungkin. Dalam setiap bisnis tentu saja setiap pengusaha mengiinginkan laba yang sebesar-besarnya, tetapi low cost strategy ini walaupun menggunakan harga yang serendah mungkin tetapi air asia tetap mendapatkan keuntungan. Hal ini dikarenakan air asia membuat harga serendah mungkin akan tetapi tujuannya adalah membuat permintaan pasar akan penerbangan menggunakan air asia meningkat. Hasilnya luar biasa, air asia dapat meraup keuntungan yang besar karena menggunakan strategi low cost ini dan juga strategi ini memenuhi visi dan misi awal air asia.

Dari pembahasan singkat ini kita dapat mengetahui bahwa memiliki strategi dan rencana yang tepatlah kita dapat mencapai keuntungan yang besar juga dapat memenuhi visi dan misi yang kita gunakan. Semoga apa yang kami bagikan hari ini dapat membantu anda sekalian untuk dapat mengerti bahwa kita harus menentukan strategi yang baik dan tepat sesuai dengan tujuan agar mencapai keberhasilan. Good Luck, Thank You. -The A Team

No comments:

Post a Comment