Friday, March 22, 2013

Strategic and Planning part 2


Planning and Strategic Management

            Planning and strategic management part 2 hari ini kita akan membahas lebih dalam mengenai level ke dua setelah top manajemen  yaitu middle manajemen. Middle manajemen adalah mereka yang  bertanggungjawab atas manajer lain yang memiliki tingkatan lebih rendah, dan kadang-kadang terhadap beberapa karyawan operasional. Yang termasuk ke dalam manajemen tingkat menengah adalah kepala divisi, kepala bagian, kepala seksi, kepala cabang, dan sebagainya.
            Middle Manajemen akan menterjemahkan target strategis yang ditetapkan ke dalam periode-periode jangka menengah yang pelaksanaanya harus terbukti efisien dan efektif, terutama dalam melakukan manajemen kontrol. Bagi seorang Middle Manajemen, informasi eksternal maupun internal dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Contoh informasi dari luar perusahaan yang dibutuhkan adalah mengenai jenis-jenis bahan mentah atau bahan baku beserta kualitas dan harganya, teknologi baru penunjang penciptaan produk atau jasa, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh informasi internal yang dibutuhkan adalah seperti stok barang di gudang, service level kepada pelanggan, dan lain sebagainya.
            Bagi Middle Manajemen, secara berkala (setiap bulan, tiga bulan, atau enam bulan) pertemuan biasanya dilakukan untuk mengambil keputusan sehubungan dengan rencana anggaran belanja perusahaan, evaluasi kinerja per periode, dan hal-hal lainnya. Proyek-proyek jangka menengah menjadi hal utama yang harus dikontrol, paling tidak setiap satu bulan sekali bagi seorang Middle Manajemen.
            Melihat masa depan perusahaan dengan menggunakan kacamata perencanaan jangka pendek atau menengah dan berpegang pada kenyataan/fakta historis perusahaan di masa-masa lalu (lebih pragmatis) merupakan kecenderungan seorang Middle Manajemen. Dan keputusan-keputusan yang harus di ambil oleh seorang Middle Manajemen tidak boleh lepas dari kebijakan dan standard yang teach ditetapkan oleh tingkatan manajemen di atasnya.
            Dalam mengambil kepututsan Middle Manajemen menggunakan metodologi atau prosedur baku yang biasa dipergunakan, seperti pemanfaatan figure statistic, model matematika, riset operasional, dan hal-hal lainnya. -The A Team
    
 “Bersambung ke planning and strategic part 3”

 Sumber: http://www.blogster.com/

No comments:

Post a Comment