Tuesday, March 26, 2013

Manajemen Strategi


Perencanaan dan Manajemen Strategi

Perencanaan merupakan suatu jenis pembuatan keputusan untuk masa depan yang spesifik yang dikehendaki  oleh manajer bagi organisasi mereka.  Perencanaan bukan peristiwa tunggal, dengan awal dan akhir yang jelas. Perencanaan adalah proses berkesinambungan yang mencerminkan dan menyusuaikan dengan perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar setiap organisasi. Sedangkan Manajemen strategi merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan. 
 
PERENCANAAN
 
Pengertian perencanaan dapat kita lihat dalam tiga hal, yaitu dari sisi proses, fungsi manajemen, dan pengambilan keputusan.
1.      dari sisi proses, fungsi perencanaan adalah proses dasar yang digunakan untuk memilih tujuan dan menentukan bagaimana tujuan tersebut akan dicapai.
2.   dari sisi fungsi manajemen, perencanaan adalah fungsi dimana pimpinan menggunakan pengaruh atas wewenang untuk menentukan atau mengubah tujuan dan kegiatan organisasi.
3.    dari sisi pengambilan keputusan, perencanaan merupakan pengambilan keputusan untuk jangka waktu yang panjang atau yang akan datang mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, hingga implementasi perencanaan tersebut dibuktikan dikemudian hari.
Dalam organisasi, perencanaan adalah proses menetapkan sasaran dan memilih cara untuk mencapai sasaran. Tanpa rencana, manajer tidak dapat mengetahui bagaimana mengorganisasikan orang dan suber daya secara efektif. Mereka mungkin bahkan tidak dapat mempunyai ide yang jelas tanpa sebuah rencana. Kesalahan dalam rencana mempengaruhi  masa depan seluruh organisasi. Perencanaan adalah sangat penting !

MANAJEMEN STRATEGI
Sedangkan, dalam membuat manajemen strategi harus memulai beberapa proses di antaranya adalah:
1. Penetapan misi, obyek, maupun tujuan yang jelas.
2. Menganalisis lingkungan perusahaan atau organisasi baik dari pihak internal maupun eksternal.
3. Perumusan Strategi
4.Pemilihan, penetapan, dan pengimplementasian strategi.
5.Evaluasi dan pengendalian strategi.
5. Evaluasi dan pengendalian strategi
 
 Dengan adanya manajemen strategi maka akan mempermudah perusahaan untuk memahami kekuatan bersaing dan mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan secara sistematis dan konsisten. Sehingga dia menjadi salah satu alat perencanaan untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan atau organisasi. Jadi, Perencanaan dan strategi merupakan dua hal yang erat kaitannya dalam membantu sebuah perusahaan untuk menggapai tujuan dibentuknya perusahaan tersebut. -The A Team
 

Sumber :
http://miapurwanti.blogspot.com/2010/12/manajemen-strategi-dan-perencanaan.html ;         http://mribonkblog.blogspot.com/2012/04/asas-asas-manajemen-perencanaan-dan.html

No comments:

Post a Comment